KPU Tebing Tinggi Laksanakan Simulasi TPS Di Seluruh Kecamatan

Tebing Tinggi, KPU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tebing Tinggi melaksanakan simulasi TPS serentak, di 5 kecamatan yang ada di kota Tebing Tinggi, dengan melibatkan 3571 anggota KPPS, Kamis (11/4). Komisioner KPU Tebing Tinggi Divisi Tebing Tinggi menjelaskan, bahwa dengan dilaksanakannya simulasi ini di kota Tebing Tinggi berharap para petugas KPPS dapat meningkatkan pemahaman tugas dan tupoksinya yang sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang ada.
Selain hal itu, Emil Sofyan juga turut menyampaikan bahwa pada saat simulasi sedang berlangsung, pihaknya mencoba memprediksi waktu bagi setiap orang untuk melakukan pencoblosan, dan itu telah dilakukan pada saat pelaksanaan simulasi di Kecamatan Padang Hilir.
Hasilnya, untuk pemilih remaja atau masih usia muda durasinya antara 2 - 3 menit per orang, sedangkan untuk yang berusia paruh baya durasinya mencapai antara sekitar 3 - 4 menit per orang. Untuk yang berusia 70 tahun keatas memerlukan durasi cukup panjang, yakni sekitar 15 menit. Sementara untuk penyandang disabilitas durasinya bisa hingga 18 menit per orang.
Emil Sofyan menambahkan, pihaknya pun menghitung waktu yang diperlukan pada saat dilakukannya penghitungan suara, mengisi formulir dari mulai TPS hingga sampai ditutup. Semua proses yang berlangsung tersebut durasi waktunya juga dihitung.
"Jika nantinya perhitungan waktu di semua kecamatan dapat diketahui dan diperkirakan secara matang, maka ini tentunya dapat membantu seluruh petugas pemilu menyempurnakan tugas dan tanggung jawabnya, serta berharap semua bisa berjalan dengan baik dan sukses,” ujarnya.