KPU Sumut Gelar Bimtek Penyusunan Produk dalam Pilgubsu 2018

Medan, kpu.go.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut) mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Produk Hukum dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgubsu) 2018 di Le Polonia Hotel Medan, Sabtu (4/11). Bimtek ini dihadiri oleh 33 divisi hukum KPU kabupaten/kota yang ada di Sumut. Hal ini disampaikan oleh Ketua Panitia Bimtek Penyusunan Produk Hukum dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut 2018 Evy Ratimah saat meyampaikan laporan panitia.

Evy menjabarkan ada tiga tujuan diadakannya bimtek ini. Pertama adalah untuk menyatukan persepsi antara KPU Sumut dengan KPU kabupaten/kota dalam penyusun produk hukum sehingga kualitas produk hukum yang dihasilkan sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Kedua adalah menginventarisir permasalahan yang terjadi ke KPU kabupaten/kota dalam penyusunan keputusan dan berita acara dalam Pilgubsu 2018.Terakhir, acara ini bertujuan untuk mencegah terjadinya sengketa pemilihan pada pilkada serentak 2018.

Komisoner KPU RI Evi Novida Ginting mengatakan KPU Provinsi dan KPU kabupaten/kota harus mendampingi dan memberikan bimbingan kepada partai pilitik. Bimbingan ini diberikan dengan cara memberikan sosialisasi, memberikan informasi melalui liaison officer, dan help desk. "Ketersediaan informasi yang cukup diharapkan dapat mempermudah parpol dalam menyiapkan diri menjelang dilaksanakannya pemilu," tambahnya.

Bimtek hari ini diisi oleh Komisioner KPU RI Evi Novida Ginting dan Komisioner KPU Nazir Salim Manik.