Tetap Jaga Tradisi Silaturahmi, Halal bil Halal KPU RI Digelar Virtual

Jakarta, kpu.go.id - Dalam suasana pandemi Covid-19 yang masih berlangsung saat ini, segala kegiatan yang berjalan dalam kerumunan orang tidak diperkenankan. Meski demikian suasana Idul Fitri yang lekat dengan silaturahmi dan saling maaf memaafkan tidak bisa dikesampingkan.

Berangkat dari keinginan untuk tetap menjaga tradisi bersilaturahmi namun tidak melanggar ketentuan protokol kesehatan inilah Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar Halal bil Halal yang digelar, Senin (1/6/2020).

Peserta Halal bil Halal tidak hanya berasal dari anggota maupun pegawai kesekretariatan KPU RI yang masih aktif, tapi juga sejumlah anggota, sekretaris maupun pegawai kesekretariatan KPU lintas generasi yang pernah mengabdikan dirinya di lembaga penyelenggara pemilu ini.

Ketua KPU RI Arief Budiman dalam sambutannya mengaku senang dan bangga atas terselenggaranya kegiatan yang untuk tahun ini berlangsung secara virtual ini. Meski tidak dapat bertemu langsung secara fisik dengan para saudara serta kerabat dia bersyukur masih bisa bertegur sapa serta saling bermaafan dalam suasana yang penuh kekeluargaan.

"Pertama saya atas nama keluarga KPU mengucapkan terimakasih berkenan hadir meluangkan waktu halal bil halal. Tentu ini suasana berbeda, biasanya kita berangkulan bersalaman. Pada kesempatan ini saya memohon maaf apabila ada kekurangan KPU baik pada Pemilu 2019 maupun penyelenggaraan organisasi kita," ujar Arief.

Arief pada kesempatan itu juga meminta doa dan dukungan dari para seniornya dilembaga ini khususnya dalam menghadapi dua tantangan di 2020 yakni Covid-19 yang didalamnya juga berkenaan dengan pelaksanaan tahapan Pemilihan 2020. Dia meyakini masukan dan sumbang saran dari para penyelenggara pemilu sebelumnya akan memberikan kontribusi yang positif bagi lembaga.

Pada kesempatan itu beberapa yang turut memberikan testimoninya Anggota KPU RI 2004-2007 Valina Singka Subekti, Ketua KPU RI 2007-2012 Abdul Hafiz Anshari hingga Ketua KPU RI 2016-2017 Juri Ardiantoro.